STRUKTUR ORGANISASI

UP2M dipimpin oleh seorang Kepala dan dibantu seorang Sekretaris yang ditetapkan oleh Dekan. Struktur organisasi UP2M adalah sebagai berikut:

so.jpg

ROAD MAP PENELITIAN DAN PENGABDIAN

Agenda penelitian dan pengembangan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat telah tertuang dalam Road Map Penelitian dan Pengabdian FKIK Unwar tahun 2015 - 2034. Berdasarkan prioritas penelitian FKIK Unwar 2015-2034, serta disesuaikan dengan Rencana Induk Riset Nasional 2017-2045, maka kriteria tema-tema riset ungulan FKIK Unwar adalah memiliki relevansi dengan visi dan misi FKIK Unwar, memiliki peran yang sangat strategis terhadap penyelesaian masalah kedokteran pariwisata, dan memiliki dukungan dari pihak mitra (industri, pemerintah, dan/atau masyarakat) yang saling menguntungkan dan berkelanjutan.

rod.png

Road Map Penelitian FKIK Unwar

Prioritas penelitian unggulan FKIK Unwar meliputi penanganan masalah kesehatan yang berkaitan dengan pariwisata, penyelamatan lingkungan, pengembangan bahan obat alami dalam rangka pelestarian pariwisata budaya, serta kesehatan masyarakat rentan. Berdasarkan kriteria tersebut, maka ditetapkanlah tema unggulan penelitian yang dibingkai dengan cetak biru penelitian:

  1. Penanggulangan penyakit infeksi yang berkaitan dengan pariwisata
  2. Penanggulangan penyakit non infeksi yang berkaitan dengan pariwisata
  3. Pengembangan obat dan bahan obat alami untuk mendukung kedokteran pariwisata
  4. Penanggulangan masalah kesehatan lingkungan dan kesehatan kerja yang berdampak terhadap kedokteran pariwisata.
  5. Upaya perbaikan kesehatan masyarakat rentan.

Pemilihan kelima area riset unggulan tersebut berangkat dari pemikiran masalah kesehatan yang berhubungan dengan kedokteran pariwisata selama ini. Isu yang pertama adalah dampak kepariwisataan terhadap penyebaran penyakit infeksi terutama new and reemerging diseases. Di samping itu, pariwisata juga mempengaruhi pola/gaya hidup masyarakat yang berakibat terhadap peningkatan kasus penyakit non infeksi seperti penyakit kardiovaskuler, penyakit metabolik, dan kanker. Penyakit non infeksi tersebut, pada masa kini dan mendatang akan tetap menjadi penyebab kematian utama di dunia termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, area penelitian penyakit infeksi dan non infeksi menjadi bidang riset unggulan

KELOMPOK PENELITI

Selain menetapkan area unggulan, Fakultas juga telah membentuk kelompok peneliti yang ditetapkan dengan SK Dekan No. 1203/Unwar/FKIK/PD-13/XII/2017. Tujuan pembentukan kelompok peneliti ini adalah untuk membuat perencanaan penelitian, proposal penelitian, pelaksanaan penelitian, dan publikasi hasil penelitian, serta hilirisasi hasil penelitian dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dan buku ajar sesuai bidang keahlian masing-masing. Kelompok peneliti yang dibentuk meliputi:

  1. Kelompok peneliti kesehatan pariwisata
  2. Kelompok peneliti bahan obat tradisional/alami
  3. Kelompok peneliti kesehatan lingkungan dan kesehatan kerja
  4. Kelompok peneliti kesehatan masyarakat.

JADWAL KEGIATAN PENELITIAN

UP2M FKIK Universitas Warmadewa telah merencanakan penelitian tahunan dengan memanfaatkan sumber dana internal. Adapun agenda penelitian dana internal Prodi Kedokteran FKIK Universitas Warmadewa tercantum pada tabel berikut ini :

Tabel Agenda Penelitian Prodi Kedokteran

 

No Rincian Kegiatan Bulan Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1 Sosialisasi hibah
2

Pengumpulan draft

Proposal

3 Workshop dan Training proposal
4 Coaching proposal
5

Seminar proposal (review poposal)

oleh reviewer

6 Revisi danpengumpulan hasil revisi proposal
7

Penerbitan SK Ketua dan Pencairan Dana

Tahap I (70%)

8 Pelaksanaan penelitian
9 LaporanKemajuan Penelitian
10

Monitoring Laporan

Kemajuan Penelitian.

11 Penyerahan laporan akhir penelitian dan draft naskahpublikasi.
12 Seminar hasil penelitian dihadirireviewer
13

Penyusunan Draft

Publikasi

14

Pencairan dana tahap

II (30%)

 

Pelaksanaankegiatan penelitian dan pengabdian dilakukanselama satu (1) tahun, dimulai dari pengajuan usulan kegiatan,reviewproposal, pelaksanaan kegiatan, monitoringdan evaluasi, serta seminar hasil. Pencairan dana awal (70%) diberikan untuk pelaksanaan kegiatan dan pencairan dana akhir (30%) diberikan pada akhir tahun setelah seluruh laporan hasil kegiatan dikumpulkan. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dosen harus sesuai dengan yang telah direncanakan dalam proposal kegiatan. Pada saat dosen melakukan kegiatan, tim evaluasi melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi dari kegiatan tersebut dengan meninjau laporan kemajuan yang dilaporkan. Kegiatan penelitian maupun pengabdian pada masyarakat yang dilakukan dosen sudah sesuai dengan keahlian dosen dan relevan dengan sasaran pengabdian. Kualitas pengabdian tercermin dari permintaan untuk melakukan kegiatan pada masyarakat yang semakin meningkat setiap tahunnya.

KERJASAMA PENELITIAN

Dalam mendukung penelitian, Fakultas telah menyiapkan Labarotorium Penelitian yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa tingkat akhir yang melakukan penelitian. Fakultas juga mengalokasikan dana untuk penyediaan sarana dan prasarana penelitian, termasuk pemberian hibah penelitian bagi dosen setiap tahunnya. Semua ini yang mendasari dosen-dosen mampu menghasilkan penelitian yang sangat baik. Selain itu, Fakultas juga telah melakukan kerjasama penelitian dengan Institusi Penelitian di dalam dan di luar negeri:

  1. Lembaga Penelitian Biomolekuler Eijkman untuk penelitian penyakit infeksi yang berkaitan dengan pariwisata. Penelitian ini dilaksanakan setiap tahun sejak tahun206 hingga 2019. Bentuk kerjasama yang dilaksanakan berupa penelitian tentang dengue virus, serta melaksanakan seminar dengan tema penyakit infeksi.

2.    Queensland Institute for Medical Reseach (QIMR) Brisbane Australia untuk penelitian penyakit infeksi yang berkaitan dengan pariwisata dan penelitian non infeksi. Penelitian kerjasama ini dilaksanakan pada tahun 2018 dengan topik dengue.

3.    Mahareshi University of Management (MUM) USA untuk penelitian penyakit non infeksi. Penelitian yang dilaksanakan adalah tentang efek trancedental meditation, kegiatan seminar transcedentaldan pelatihan brain center. Kegiatan penelitian kerjasama dilakukan sejak tahun 2016 hingga saat ini.

4.    PT Sidomuncul, Tbk Semarang untuk penelitian bahan obat tradisional. Kegiatan kerjasama yang dilakukan yaitu bantuan sosial kebencanaan Gunung Agung pada tahun 2017. Kerjasama lainnya adalah pelaksanaan seminar nasional dan studi banding ke laboratorium PT Sidomuncul, Tbk.

 

PENELITIAN

Jumlah kegiatan penelitian yang dilakukan oleh para dosen telah sangat mencukupi dengan total kegiatan selama tiga tahun terakhir sebanyak 257 atau rata-rata per tahun 85 kegiatan. Pada TA 2018/2019 hasil kerja dari kelompok peneliti antara lain 112 judul proposal penelitian, 8 penelitian dengan publikasi internasional, dan 13 penelitian dengan publikasi nasional. Pembiayaan penelitian bersumber pada pembiayaan dari institusi perguruan tinggi, dari pihak kementrian, institusi dalam negeri dan luar negeri.


Berdasarkan prioritas penelitian FKIK Unwar 2015-2034, serta disesuaikan dengan Rencana Induk Riset Nasional 2017-2045, maka kriteria tema-tema riset ungulan FKIK Unwar adalah memiliki relevansi dengan visi dan misi FKIK Unwar, memiliki peran yang sangat strategis terhadap penyelesaian masalah kedokteran pariwisata, dan memiliki dukungan dari pihak mitra (industri, pemerintah, dan/atau masyarakat) yang saling menguntungkan dan berkelanjutan. Tema, Isu Strategis, Konsep Pemikiran, Topik Riset, dan Judul penelitian yang sedang dan sudah dikerjakan dapat dilihat pada Tabel berikut:

Tema Isu Strategis Konsep Pemikiran Topik-Topik Riset Penelitian yang sudah dilaksanakan

Penanggulangan penyakit infeksi yang berkaitan dengan kedokteran pariwisata

Penelitian tentang kejadian, karakterisasi penyebab, pencegahan, dan penanggulangan dengan fokus   penyakit infeksi yang berkaitan dengan kedokteran pariwisata

Kesesuaian road map, ketersediaan sarana dan prasarana dan sumber daya termasuk dosen pakar

Pemetaan penyakit yang diderita wisatawan, karaketrisasi penyebab, identifikasi marker biomolekular, pengembangan alat diagnostik, mutasi gen, faktor risiko, resistensi obat, dan lainnya

  1. Analisis Penggunaan Antibiotic pada Pasien Pneumonia di RSUD Wangaya Kota Denpasar, 2019
  2. Perilaku Pencegahan IMS dan HIV/AIDS Pada Wanita Pekerja Seksual di Kabupaten Gianyar, 2019
  3. Perbedaan Profil Hematologis Pasien Anak Demam Dengue di Bandingkan Demam Non Dengue di Kabupaten Gianyar, 2019
  4. Identifikasi Efek Samping Terapi Retrovirus pada Penderita Terinfeksi Virus HIV-1 di RS Gianyar, 2019
  5. Karakteristik Subtipe Virus HIV-1 yang Menginfeksi Ibu Hamil di RS Gianyar: Studi Pendahuluan, 2019
  6. Analisis Indeks Trombosit pada Pasien Infeksi Dengue, 2019
  7. Identifikasi Gen KDR (Knockdown Resistence) pada Resistensi Nyamuk Aedes Aegypti, 2019
  8. Hubungan Derajat Infeksi Dengan Polimorfisme Promotor Gen DC-Sign pada Penderita Infeksi Dengue, 2019
  9. Prevalensi Infeksi Soil Transmitted Helminth pada Petani di Kabupaten Klungkung dan Faktor-Faktor Risiko yang Mempengaruhi, 2019
  10. Uji Free Flight Resistensi Nyamuk Aedes Aegypti, 2019
  11. Hubungan Titer sNS1 Antigen Dengue dengan Derajat Keparahan Infeksi Dengue, 2019
  12. Hubungan Antara Viral Load dengan Derajat Keparahan Infeksi Dengue pada Wisatawan Asing di RS Kasih Ibu, 2019
  13. Pathogen Identification and Anti Microbial Sensititivity Test Among Travelers Diarrhea Cases in Bali (ISTM), 2018
  14. Studi Resistensi Nyamuk Aedes Aegypti di Bali 2018 (QIMR), 2018
  15. Gambaran Mir-RNA 205 pada Serum Pasien Kanker Serviks, 2018
  16. Hubungan Keparahan Infeksi Dengue dengan Serotipe Virus dan Kadar Interleukin-8 (IL-8) pada Sampel Arsip di Laboratorium Biomolekuler Universitas Warmadewa, 2018
  17. Epidemiologi Penyakit Hand, Foot and Mouth Disease di kota Denpasar, 2018
  18. Studi Eksplorasi Penggunan Kondom pada PSK Langsung di Daerah Sanur, 2018
  19. Hubungan Kadar Sitoksin Interleukin-6 dengan Tingkat Keparahan Dengue Hemorrhagic Fever pada Sampel Arsip di Laboratorium Biomolekuler Universitas Warmadewa, 2018
  20. Perbedaan Karakteristik Penyakit Wisatawan Mancanegara yang Berkunjung ke RS dan Klinik di Bali 2015-2017, tahun 2018
  21. Ekspresi Micro-RNA has-let-7e dan miR-146a pada PBMC yang diinfeksi virus Dengue Serotype-2, 2018
  22. Perilaku Seksual Berisiko Serta Pencegahan IMS dan HIV/AIDS pada Pedagang Perempuan di Pasar Tradisional Daerah Sanur, 2018
  23. Faktor Risiko Kesehatan Jemaah Haji Denpasar, 2018
  24. Surveilance Patogen yang Berpotensi Menyebabkan Wabah di Bali,2017
  25. Karakterisasi Virus Penyebab Demam Akut pada Pasien Anak dan Dewasa di RSUD Wangaya Denpasar, 2017
  26. Profil Kuman dan Uji Kepekaan: Studi Kasus Hasil Pemeriksaan Spesimen dari Daerah Tabanan, Gianyar, dan Denpasar Pada 3 Lab di Denpasar, 2017
  27. Profil Nilai TNF-a Pada Sampel Arsip Serum Penderita Terinfeksi Dengue di RSUD Sanjiwani dan RSUD Wangaya, 2017
  28. Deteksi Ekspresi Mikro-RNA-150 pada Peripheral Blood Mononuclear Cells yang diinfeksi Virus Dengue-2, 2017
  29. Karakteristik Ibu Hamil dengan Infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) di RSUD Sanjiwani Gianyar Tahun 2012 - 2016, 2017
  30. Identifikasi Serotipe Dengue Virus Penyebab Infeksi Demam Akut Pada Pasien Anak dan Dewasa di BRSU Tabanan, 2017
  31. Surveilans MicroRNA has-let-7e, dan miR-30e* pada Sel Mononuklear Darah Tepi yang Diinfeksi Virus Dengue-2, 2017
  32. Prevalensi dan Faktor Risiko Taeniasis pada masyarakat di Banjar Buluh, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, 2017
  33. Profil Hematologi Pasien Terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) Sebelum dan Setelah Mendapatkan Terapi Antiretroviral, 2017
  34. Risiko Kandidiasis Serviks pada Wanita Usia Subur Akseptor Kontrasepsi Hormonal, 2017
  35. Tingkat Perlindungan Vaksin Hepatitis B pada Dokter Muda Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa, 2017
  36. Surveilens Molekuler Virus Dengue dan Arbovirus lainnya di Bali dan Hubungannya dengan Manifestasi Klinis, 2016
  37. Profil Seterotipe dan Genotipe Virus Degue pada Wisatawan Asing Terinfeksi Dengue yang Dirawat di Rumah Sakit Kasih Ibu Denpasar serta Hubungannya dengan Derajat Beratnya Infeksi, 2016
Penanggulangan penyakit non infeksi yang berkaitan dengan kedokteran pariwisata Penelitian tentang kejadian, karakterisasi penyebab, pencegahan, dan penanggulangan dengan fokus penyakit tidak menular yang berkaitan dengan kedokteran pariwisata Kesesuaian road map, ketersediaan sarana dan prasarana dan sumber daya (dosen pembimbing) Pemetaan penyakit yang diderita wisatawan, karakterisasi penyebab, identifikasi marker biomolekular, pengembangan alat diagnostik, mutasi gen, faktor risiko, resistensi obat, dan lainnya
  1. Pengaruh Manajemen Stress Melalui Meditasi Transcedental terhadap Skor DASS-42, dan Rasio Sel T CD4+ / CD8+ pada Siswa SMA Bali Mandara Singaraja Bali, 2019
  2. Pengaruh Meditasi Transedental Terhadap Peningkatan Power Gelombang Alpha di Regio Frontal pada Polisi SPN Singaraja, 2019
  3. Polimorfisme SLC47A1 pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2, 2019
  4. Efek Simvastatin terhadap Ekspresi TNF-a pada Cedera Ischemic Reperfusion, 2019
  5. Efek Simvastatin terhadap Tubulus Renalis dengan Pewarnaan Periodic Acid Schiff pada Model Cedera Ischemic Reperfusion, 2019
  6. Ekspresi Matriks Metaloproteinase 9 pada Makrofag Intratumor sebagai Penanda Tumor- Asssociated Macrophage Karsinoma Tiroid Papiler, 2019
  7. Perkiraan Tinggi Badan berdasarkan Panjang Tulang Panjang pada Anak Usia 6-12 Tahun di Denpasar, 2019
  8. Perbandingan Kadar CC-Chemokine Ligand 2 (CCL2) Serum pada Subyek Obesitas dan Normal, 2019
  9. Efek Simvastatin terhadap Glomerulus Ginjal dengan Pewarnaan Periodic Acid- Schiff (PAS) pada Model Cedera Ischemic Reperfusion, 2019
  10. Hubungan Polimorfisme Gen CCL2 dan CCR2 dengan Nefropati Diabetik pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Bali, 2019
  11. Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Nyeri Lutut Terhadap Flexibel Flat Foot Pada Mahasiswa Universitas Warmadewa Denpasar, 2019
  12. Hubungan Ekspresi URG-4 dan TGF-B1 Dengan Terjadinya Metastasis ke Kelenjar Getah Bening pada Kanker Serviks, 2019
  13. Analisis Polimorfisme Gen Metformin Transporter SLC22A1, 2018
  14. Perhitungan Insiden Kanker Penis di Bali berdasarkan Data Registrasi Kanker Patologi Anatomi Tahun 2004 - 2013, 2018
  15. Identifkasi Faktor Risiko Kardiovaskular pada Pasien PGK Hemodialisis Reguler, 2018
  16. Risiko Emboli pada Pasien Fibrilasi Atrial dengan Disfungsi Ventrikel Kiri dibandingkan Fibrilasi Atrial tanpa Disfungsi Ventrikel Kiri, 2018
  17. Pengukuran Kadar Kalsium sebagai Marker Gangguan Mineral dan Tulang pada Penderita Penyakit Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisis Kronis di RS Sanjiwani Gianyar, 2018
  18. Perbandingan Profil Lipid dan Kadar Asam Urat pada Pasien DM Tipe 2 dengan dan Tanpa Nefropati Diabetik, 2018
  19. Efek Statin Terhadap Gambaran Histopatologi Jantung dengan Pewarnaan HE pada Kondisi Nefrektomi 5/6 Subtotal: Studi Eksperemental, 2018
  20. Frekuensi Polimorfisme Gen SLC22A1 R16C dan rs622342 pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Bali, 2018
  21. Struktur Anatomi Arkus Pedis pada Anak SD Kelas 1-2 dengan Flat Foot Dibandingkan dengan Normal Foot di Denpasar, 2018
  22. Gambaran Kepatuhan Pengobatan dan Kualitas Hidup Pasien Epilepsi, 2018
  23. Pengukuran Kadar Phosphat sebagai Penanda Gangguan Mineral dan Tulang pada Penderita Penyakit Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisis Kronis di RS Gianyar, 2018
  24. Hubungan Komposisi Tubuh (Body Composition) dengan Tingkat Kebugaran (Physical Fitness) pada Mahasiswa TBM Unwar, 2018
  25. Hubungan Hasil Skrining Perkembangan dengan Metode KSP dan Hasil Pengukuran Parameter Pertumbuhan pada Anak di Denpasar, 2018
  26. Hubungan Kortisol dan Skala Emosi Negatif dengan Mediasi Transedental pada Siswa SMA Bali Mandara Singaraja Bali, 2018
  27. Perbedaan Gelombang EEG pada Siswa SMA Bali Mandara Singaraja Bali yang Menjalani Mediasi Transendental, 2018
  28. Pengaruh Latihan Meditasi Transendental Terhadap Ekspresi Sel Natural Killer dan Sel Limfosit CD4 pada Siswa SMA Bali Mandara Singaraja Bali, 2018
  29. Tumor Budding pada Kasinorma Serviks Hubungannya Dengan Terjadinya Metastasis ke KGB, 2018
  30. Hubungan Polimorfisme CCL2 dengan Kejadian Nefropati Diabetik pada Penderita DM di Bali, 2018
  31. Perbandingan Gambaran Histopatologi Ginjal pada Model Mencit Ischemic Reperfusion Injury (IRI) dan Renal Ablasion, 2018
  32. Efek Simvastatin Terhadap Fungsi Ginjal dan Cidera Tubulus pada Model Ischemic Reperfusion Injury (IRI), 2017
  33. Prevalensi dan Faktor Resiko Flatfoot pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Denpasar, Bali, 2017
  34. Efek Simvastatin terhadap Fibrosis Jantung pada Model Mencit Gagal Ginjal Kronik, 2017
Penanggulangan masalah kesehatan lingkungan dan kesehatan kerja yang berkaitan dengan pariwisata

Penelitian tentang pemetaan kesehatan lingkungan objek wisata air, pengembangan bioteknologi pengolahan limbah cair dan padat hotel/rumah sakit/restoran

Kesesuaian road map, ketersediaan sarana dan prasarana dan sumber daya (dosen pembimbing)

Pemetaan kualitas air danau, sungai, dan pantai yang menjadi objek wisata, isolasi mikroba pada lumpur aktif limbah hotel, restoran, rumah sakit, dan industri, masalah kesehatan dan keselamatan pekerja, perilaku penggunaan APD,

dan lainnya.

  1. Identifikasi dan Isolasi Mikroba Potensial dalam Pengolahan Limbah di RSUP Sanglah, 2018
  2. Studi Parameter Kualitas Air Danau di Bali, 2018
  3. Identifikasi Keracunan Organofosfat pada Petani di Desa Dangintukadaya Kab. Jembrana Prov. Bali, 2018
  4. Studi Kualitas Air Sungai di Kawasan Wisata Tirta/Bahari Kabupaten Badung, 2018
  5. Identifikasi Masalah Kesehatan Kerja dan Ergonomi pada Pekerja Konstruksi di Perusahaan Konstruksi H Kabupaten Badung Provinsi Bali, 2017
  6. Higiene Sanitasi dan Kualitas Mikrobiologi Makanan di Kantin Universitas Warmadewa, 2017
  7. Analisis Kualitas Air dan Limbah Cair Hotel di Wilayah Ubud, Gianyar, 2017
Saintifikasi bahan obat alami untuk mendukung kedokteran pariwisata Penelitian tentang saintifikasi bahan obat alami guna mendukung kedokteran pariwisata Kesesuaian road map, ketersediaan sarana dan prasarana fakultas dan sumber daya (dosen pembimbing) Penelitian tentang saitifikasi minumam herbal lokal, bahan alami untuk antibakteri, larvasida, dan lainnya
  1. Isolasi, Karakterisasi, dan Skrining Aktivitas Antibakteri Isolat Aktinobakteria dari Rhizosfer Tanah Tanaman Mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali, 2019
  2. Aktivitas Larvasida Ekstrak Minyak Atsiri Bunga Cempaka (Michelia champaca), Melati (Jasminum sambac), Kacapiring (Gardenia jasminoides), Kenanga (Cananga odorata), dan Jepun Bali (Plumeria cendana) Terhadap Larva Nyamuk Aedes Aegypti, 2019
  3. Screening Antibakteri dan Antijamur Ekstrak Akar Tumbuhan Mangrove, Rhizophora mucronata, Avicennia marina, Rhizophora apiculata dan Sonneratia alba, di Taman Hutan Raya (TAHURA) Ngurah Rai Bali,   2019
  4. Isolasi, Karakterisasi, Struktur Kimia metabolit Sekunder Ekstrak Etanol dan Kloroform Tanaman Spondias pinnata Kurz, 2019
  5. Efek Ekstrak Ethanol Umbi Jalar Ungu (Ipomoca batatas L) terhadap Ketebalan Endometrium Uterus Tikus betina yang Diovariektomi, 2019
  6. Isolasi, Karakterisasi, dan Skrining Aktivitas Antibakteri Isolat Aktinobakteria dari Rhizosfer Tanah Tanaman Mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali, 2019
  7. Pemetaan Potensi dan Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional sebagai Pengobatan Herbal Alternatif, 2019
  8. Uji Fitokimia pada Minuman Herbal "Loloh Cemcem" di Bali, 2018
Penanggulangan masalah kesehatan masyarakat Penelitian difokuskan pada kesehatan reproduksi, gizi masyarakat, pembiayaan kesehatan, dan lainnya Kesesuaian road map, ketersediaan sarana dan prasarana fakultas dan sumber daya (dosen pembimbing) Penelitian tentang pembiayaan pelayanan kesehatan, gizi masyarakat, kesehatan reproduksi, kesehatan makanan di kantin sekolah, dan lainnya
  1. Skema Intervensi Gizi Spesifik dan Gizi Sensitif pada Ibu Hamil dan Balita Usia 0-24 Bulan untuk Pencegahan Stunting di Bali, 2019
  2. Kajian Efisiensi Pelayanan Ruang Rawat Inap Puskesmas Dengan Metode Two Stage Data Envelopment Analysis (Studi di Provinsi Bali), 2019
  3. Pola Konsumsi Makanan Jajanan Terhadap Status Gizi Siswa Sekolah Dasar di SDP Negeri Tulangampiang Denpasar, 2019
  4. Analisis Biaya Rata-rata Pasien Rawat Jalan Diabetes Mellitus Type II di RSUD Sanjiwani Gianyar, 2018
  5. Analisis Biaya Rata-rata Pasien Rawat Inap dengan Penyakit Diabetes Mellitus Type II di RSUD Sanjiwani Gianyar dan RSUD Jembrana, 2017
  6. Studi Kualitatif: Kesiapan Anak Sekolah dalam Menghadapi Menarche Dini di Sekolah Katolik Santo Yoseph Denpasar, 2017

 

 

Design and maintenance by Kedokteran Creative Team