Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday4931
mod_vvisit_counterYesterday2095
mod_vvisit_counterThis week14427
mod_vvisit_counterLast week18794
mod_vvisit_counterThis month7026
mod_vvisit_counterLast month60066
mod_vvisit_counterAll days3600842

We have: 38 guests online
Your IP: 23.20.9.23
 , 
Today: Jul 02, 2015
Pendaftaran Online Mahasiswa Baru 2015/2016

Pendaftaran Online Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2015/2016 telah dibuka, silahkan klik disini untuk mengisi formulir pendaftaran.

PDF Print E-mail

LULUS UJI KOMPETENSI DOKTER

Sebanyak 51 orang mahasiswa program profesi dokter FKIK Unwar mengikuti uji kompetensi dokter yang diselenggarakan oleh Panitia Nasional UJi Kompetensi  Mahasiswa Program Profesi Dokter  (PNUKMPPD). UJian terdiri dari Computer Based Test (CBT) pada tanggal 23 Mei 2015 yang diselenggarakan di ruang CBT di FK Unud, dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) tanggal 30 Mei 2015 yang diselenggarakan di ruang OSCE FKIK Unwar. Sebenarnya  CBT dapat dilaksanakan di runag CBT FKIK Unwar dengan kapasitaas 100 orang, tetapi untuk saat itu masih belum dimanfaatkan oleh PNUKMPPD. Dijanjikan pada ujian periode bulan Agustus CBT FKIK Unwar akan dimanfaatkan.  Pada pengumuman 30 Juni 2015 dari 51 orang mahasiswa program profesi dokter yang mengikuti ujian kompetensi 41 orang dinyatakan lulus.  Berarti bahwa angka kelulusan uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter FKIK Unwar mencapai 80,39 %. Angka tersebut cukup membanggakan bagi FKIK  Unwar karena ujian tersebut merupakan ujian perdana, untuk yang pertama kali. Dari hasil analisis keberhasilan tersebut pelatihan keterampilan klinik pada jenjanng sarjana (akademik) dan kesempatan bersentuhan langsung dengan pasien pada saat pendidikan profesi sangat berperan dalam keberhasilan OSCE. Terbukti hanya 1 orang dari 51 mahasiswa peserta ujian yang belum berhasil dalam OSCE. Pengumuman kelulusan uji kompetensi menjadi perhatian bagi staf di FKIK Unwar pada pagir hari pengumuman tersebut. Dan hasilnya disembut dengan antusias.

 

 

 
PDF Print E-mail

RUMAH SAKIT UMUM WONGAYA MENJADI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Warmadewa (FKIK Unwar) berencana memperluas jaringan rumah sakit pendidikan utama untuk pelaksanaan kepaniteraan klinik. Perluasan tersebut Structured satu rumah sakit yang dituju adalah Rumah Sakit  Daerah Wongaya, Denpasar.  Untuk merealisasikan usaha tersebut Pimpinan  FKIK Unwar melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum  Wongaya, Denpasar  pada Rabu, 24 Juni 2014. Rombongan terdiri dari Bapak Dekan Dokter Anom Murdhana disertai oleh Wakil Dekan III Dokter Made Sarmadi, MARS, Ketua Program Studi Pendidikan Dokter, Dokter Nyoman Sueta, Sekretaris  Program Studi  Dokjter A A A Sri Agung Wiryastuti, Kepala Lab. Biologi Molekuler A A A Megawati, M Si dan Kepala Tata Usaha Desak Ari Suniarti.  Kunjungan tersebut diterima oleh Ibu Direktur RSU Wongaya, Denpasar  Dokter  Setyawati beserta Wakil Direktur dan Ketua Komite Medik. Pada kesempatan tersebut dibahas kemungkinan RSU Wongaya untuk menjadi rumah sakit pendidikan utama dari  FKIK Unwar.  Ibu Direktur menyampaikan bahwa RSU Wongaya sedang melakukan proses persiapan untuk menjadi rumah sakit pendidikan. Untuk sementara RSU Wongaya cukup menjadi rumah sakit satelit dari FKIK Unwar. Disamping sebagai rumah sakit pendidikan juga didiskusikan pengambilan sampel penderita di RSU Wngaya, untuk penelitian  lanjutan tentang virus yang menyebabkan penyakit di Bali, yang sedang dilakukan oleh Laboratorium Biologi Molekuler, FKIK Unwar. Pengambilan sampel tersebut disetujui oleh Direktur RSU Wongaya untuk dilanjutkan.

 

 


 
PDF Print E-mail

TRIGONUM MaWarNusa 2015

 

 
2nd Virology and Biosafety Workshop 2015 PDF Print E-mail

2nd Virology and Biosafety  Workshop 2015


Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Warmadewa bekerjasama dengan Laboratorium Biologi Molekuler Eijkam untuk yang kedua kalinya menyelenggarakan seminar biologi moleculer dengan tema “ Are We Ready to Face the Challenge of Emerging Viruses ?”. Seminar ini diikuti dengan penyelenggaraan workshop biosafety di Laboratorium Biologi Molekuler Universitas Warmadewa, berlangsung pada tanggal 9 s.d. 11 Mei 2015. Kegiatan seminar dan workshop tersebut didahului dengan penanda tanganan Nota Kesepahaman (MOU)  antara Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dengan Universitas Warmadewa dan Naskah Perjanjian Kerjasma antara Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Warmadewa dalam bidang pengembangan penelitian emerging and re-emerging viruses. Juga ditanda tangani Nota Kesepahaman antara Eijkman dengan Universitas Warmadewa tentang penelitian virus yang menyebabkan wabah di Provinsi Bali.  Hadir pada acara tersebut selain Rektor dan Dekan FKIK Unwar serta para Dekan dilingkungan Unwar serta Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Prov. Bali beserta stafnya, juga Direktur dan Wakil Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Staf ahli dan peneliti Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan staf, Direktur Rumah Sakit Pendidikan FKIK Unwar yaitu RSUD Sanjiwani, Gianyar, BRSUD Tabanan, RSUD Wongaya, dan RSUD Badung. Dengan ditanda tanganinya MOU dan Naskah Kerjasama tersebut berarti Universitas Warmadewa, khususnya Fakultas Kedokteran dan ilmu Kesehatan pada usia 6 tahun telah memasuki tahap biologi molekuler dan ikutserta mengembangkan penelitian virus yang menyebabkan penyakit dan kemungkinan menimbulkan penyakit khususnya di Bali.

 

 

 

Dalam seminar dibahas antara lain Biosafety dan Biosecurity oleh Prof Herawati Sudoyo, Wakil Direktur Lembaga Biomol Eijkman,  Penyakit Vector-borne di Indoensia oleh Prof Wayan Tunas Artama, Surveilens Penyakit Infeksi Akibat Emerging dan Re-emerging Virus di Bali, juga topic lain tentang perkembangan virus yang dibawakan oleh para peneliti dari Lembaga Biomol Eijkman. Seminar dilajutkan dengan workshop tentang biosafety di Unit Laboratorium Biomol Universitas Warmadewa dengan instruktur para peneliti dari Lembaga Biomol Eijkman. Peserta seminar dan workshop dihadiri oleh para peneliti biologi molekuler dari dosen peneliti fakultas kedokteran dan peneliti di laboratorium biomol dari seluruh Indonesia. Melalui workshop tersebut diharapkan para peneliti yang mengikuti workshop  mampu melindungi diri dan masyarakat sekitarnya dari penularan virus.

 

 

 

 

 
PDF Print E-mail

KULIAH TAMU


Prof. Dr dr Nyoman Kertia Sp PD KR

“Ayurweda dalam Praktek Kedokteran Modern”

 

Hari Kemis, tanggal 4 Juni 2015 telah berlangsung Kuliah Tamu dari Prof Dr dr Nyoman Kertia SpPD-KR dosen Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada dengan topik “Ayurweda dalam Praktek Kedokteran Modern”.  Kuliah tamu dihadiri selain oleh dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa juga oleh mahasiswa serta dosen Fakultas Kedokteran Universitas Udayana serta Fakultas Kekdokteran Gigi Universitas Mahasaraswati. Dalam pemaparannya Prof Nyoman kertia, yang kelahiran Pemaron, Singaraja, Bali menyampaiakan perbedaan yang cukup mendasar antara pengobatan kedokteran modern (barat) dengan prinsip menghilanghkan  penyebab penyakit termasuk berbagai organism seperti bakteri, parasit, virus  dengan konsep ayurweda dengan menumbuhkan keseimbangan. Dalam pengobatan tradisional di Bali terdapat berbagai tumbuhan yang memiliki khasiat menyembuhkan seperti halnya “taru premana”. Kekayaan Bali ini perlu digali dengan mengembangkan pengobatan herbal, yang telah masuk dalam pengobatan di rumah sakit Dr Sardjito di Yogyakarta.  Kedatangan Prof Nyoman Kertia ke FKIK Unwar adalah atas undangan Dekan FKIK dr Anom Murdhana  dimana Beliau adalah salah satu gurunya semasa mengikuti pendidikan di FK Universitas Udayana.

 

 

Foto : Prof Nyoman Kertia dan para dosen peserta kuliah tamu.

 
« StartPrev123456NextEnd »

Page 1 of 6

Search...

Kalender

«  July 2015  »
MTWTFSS
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031 

Polling

Bagaimana pelaksanaan perkuliahan di PSPD?